Pengertian SEM - Apa itu Search Engine Marketing?

Note: Blog ini sedang dalam masa pengembangan, baik dari segi SEO maupun artikel. Mohon maaf apabila gambar tidak tersedia untuk saat ini, - 10 Februari 2018.
Apa itu SEM? Apa definisi dari SEM; atau, penjelasan apa pengertian dari SEM?

Untuk meningkatkan trafik web blog, situs web atau website, blogger mana pun terus mengembangkan kekuatan SEO dari situs webnya.

Bisa jadi ia hanya menggunakan On-Page atau Off-Page; atau menggunakan keduanya sekaligus.

Salah satu bagian dari teknik SEO On-Page ialah SEM. SEM merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan.

Baca Juga: Apa itu Social Media Marketing?

Sebenarnya, apa itu SEM? Apa definisi dari SEM; atau, apa pengertian dari SEM?

Apa itu Search Engine Marketing?


SEM merupakan strategi promosi blog yang disediakan oleh Google seperti Google AdWords; atau Baidu, Ask, Bing, MSN, Yandex, Yahoo!, Facebook AdS, Instagram Bersponsor dan Search Engine lainnya.

Search Engine Marketing sendiri terdiri dari 2 sistem kerja yakni PPC dan PPI.

PPC (Pay per Click) merupakan perhitungan pembayaran berdasarkan banyaknya jumlah klik (Click); sedangkan PPI (Pay per Impression) merupakan perhitungan pembayaran berdasarkan jumlah tayang ditampilkan.

Pengertian SEM - Apa itu Search Engine Marketing?
Contoh sederhana dari teknik
Search Engine Marketing atau SEM

Contohnya seperti ini:

Saya punya situs web, saya ingin mempromosikan di Google AdWords. Maka, saya harus membayar "Saldo" di awal agar tayangan promosi saya muncul pada SERP's Google.

Ketika "Saldo" saya habis, maka tayangan iklan akan di Non-Aktifkan.

Setiap "Saldo" yang telah kita isi, mempunyai nilainya masing-masing. Bahkan, setiap klik iklan, bisa kita tentukan seberapa besar bayaran yang harus kita keluarkan.

Faktanya pun, tidak semua iklan SEM bisa ditampilkan sekaligus. Mengapa? Karena banyak faktor yang memancing atau tidaknya tayangan iklan dari kita.

Contohnya di Google Adwords sendiri.

Biasanya, tayangan iklan dari AdWords berbeda-beda. Mengapa? Karena algoritma memperhitungkan penyesuaian dan tayangan iklan berdasarkan Queri yang kita tentukan.

Ketika tayangan iklan dari blog kita berdasarkan Queri dari kata "SEO", maka pengguna Google akan melihat iklan dari blog kita berdasarkan Queri yang di ketik oleh pembaca tadi.

Contohnya, pembaca mengetik "Pengertian SEO" di Google, maka iklan dari blog kita akan muncul di bagian paling TERATAS.

Baca Juga: Memahami Arti Mobile Friendly dan Responsive

Di balik itu, ketika pembaca mengetik atau mencari informasi tentang makanan; yang tentunya tidak berhubungan keyword yang kita sarankan, maka iklan dari blog kita tidak akan muncul.

Itulah pengertian Search Engine Marketing (SEM) beserta contohnya...

Labels: SEO

Thanks for reading Pengertian SEM - Apa itu Search Engine Marketing?. Semoga berguna, Gan!

0 Komentar untuk "Pengertian SEM - Apa itu Search Engine Marketing?"

Gunakan anonymous kalau tidak punya Google+ Account.

Back To Top