Pengertian Blogger, Vlogger dan Youtubers serta Perbedaannya

Share:

FB Google+ Twitter

Pengertian Blogger, Vlogger dan Youtubers serta Perbedaannya
Masih asing dengan istilah atau sebutan blogger, vlogger dan youtubers? Apa itu blogger dan blogging? Apa pengertian vlog dan vlogger, dan youtubers? Apa perbedaan antara blogger, vlogger dan youtubers?

Pada umumnya, orang langsung mengerti apa itu blog. Biasanya disimpulkan seperti situs atau website. Sebenarnya beda loh. Blog sudah pasti website, website belum tentu blog.

Singkatnya website itu ibarat sebuah rumah. Nah kamar-kamar yang ada di dalam rumah (website) tersebut adalah blog. Singkatnya seperti itu. Mau lebih detail? Googling, Wikipedia: Situs Web.

Di artikel kali ini, saya ingin menekankan pembahasan terkait Vlogger dan Youtubers karena masih banyak orang yang salah beranggapan, berasumsi dan berpendapat.

Apa itu Vlog & Vlogger?


Pengertian Vlogger adalah seorang Youtubers yang menggabungkan video Youtube miliknya di dalam sebuah blog, dalam artian blog tersebut juga merupakan miliknya.

Jadi kasusnya ialah Vlogger itu merupakan orang yang memiliki situs dan channel Youtube yang digabungkan ke dalam artikel blog miliknya. 2 in 1 gitu deh. Blog dan Channel Youtube - dimiliki satu orang.

Istilah ini pun dikenal embed atau disematkan (menyematkan) yakni blogger tersebut memiliki sebuah situs atau website dimana di dalam artikel-artikel yang di buat, disematkan pula sebuah video yang berasal dari Channel Youtube milik pribadinya.

Sebagai tambahan informasi pada posting ini, ada keistimewaan dan keuntungan disini.

Pemilik video akan sangat mudah mempromosikan Channel Youtube miliknya melalui media blog, apalagi jika blog tersebut memiliki ranking yang sudah tinggi dan mudah menempati page-one di search engine Google, Bing, Yahoo maupun Yandex sekaligus.

Hal ini dikarenakan persaingan di kalangan Youtubers yang sangat sulit untuk menempati halaman pertama sesuai kata kunci yang di ketik oleh pengunjung.

Nah dengan adanya bantuan media blog, maka segalanya akan tampak lebih mudah. Baik itu dari sisi promosi maupun dari sisi lainnya. Pokoknya lebih mudah kalau ceritanya "2 in 1" gini.

Apa itu Youtubers?


Pengertian Youtubers adalah mereka yang membagikan video-video di saluran Youtube miliknya. Videonya bisa di bilang satu topik atau berbagai topik (banyak niche) dalam satu saluran, terserah.

Yang membedakan seorang Youtubers dengan Vlogger adalah Youtubers tidak memiliki blog! Sedangkan vlogger memiliki, blog, situs atau website dimana tempat bagi dirinya untuk mempromosikan video-nya.

Nah apabila Anda adalah seorang Youtubers akan tetapi tidak mempunyai situs, blog atau website sebagai sarana "semat" atau "embed" video, jangan sesekali menyebut diri Anda adalah seorang vlogger karena itu berbeda!

Youtubers dan Vlogger itu berbeda!

Youtubers hanya punya Channel Youtube, kalau Vlogger punya Channel Youtube dan situs web! Itu yang membedakan kedua arti dan maknanya.

Agak heran sih ketika seseorang mengakui dirinya, "Gue ngevlog nih!" tapi begitu ditanyain punya situs web nggak ? eh nggak punya. Ya berarti ente disebut Youtubers, bukan Vlogger.

Karena saya orang Aceh, asli dilahirkan dan dibesarkan di Aceh, kasus seperti ini sama seperti sebutan untuk sepeda motor yakni "Honda". Apa pun mereknya, baik itu Suzuki, Kawasaki dll tetap disebut "Honda".

Kenapa? Karena sejarahnya dulu, Honda adalah produsen pertama yang pertama kali masuk ke wilayah Aceh. Jadi apapun merek motornya, tetap di sebut "Honda".

Sulaiman, "Bro, honda baru ya?"
Bang Maimun, "Iya nih bro, honda kawasaki 250cc"

Nah karena sejak awal udah salah pengertian, maka nggak heran kalau banyak orang yang mengakui dirinya Vlogger - tapi nggak punya situs web, padahal mereka ini Youtubers.

Kurang lebih seperti itulah.

Jadi sangat jelas perbedaan antara blogger, vlogger dan youtubers. Itulah pengertian blogger, vlogger dan youtubers serta perbedaannya. Jangan salah sebut! Malu-maluin diri. Semoga berguna.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Youtube

Thanks for reading Pengertian Blogger, Vlogger dan Youtubers serta Perbedaannya. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "Pengertian Blogger, Vlogger dan Youtubers serta Perbedaannya"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.