Apa itu Otorisasi Situs? Cara Otorisasi Situs Blog yang Benar

Bagi blogger yang baru saja mendapatkan atau membeli akun google adsense baik itu hosted maupun non-hosted, tentu akan melihat pilihan menu yang bernama Otorisasi Situs.

Pertanyaannya adalah apa itu Otorisasi Situs? Bagaimana cara melakukan Otorisasi Situs blog yang benar? Serta, apa hubungannya Otorisasi Situs dengan unit iklan program google adsense?

Apa itu Otorisasi Situs? Cara Otorisasi Situs Blog yang Benar

Dan bahkan pembahasan ini terkait permasalahan, iklan google adsense sudah terpasang di blog tapi penghasilan belum diterima dan bahkan sama sekali tidak tercatat, apa penyebabnya? Inilah yang akan kita bahas kali ini.

Pengertian Otorisasi Situs


Pada laman Authorize Your Verified Sites to Display Ads, dijelaskan secara rinci dan detail bahwa definisi Otorisasi Situs adalah pemberian otorisasi pada situs yang terverifikasi untuk menampilkan iklan.

Maksudnya, otorisasi situs ini adalah fitur opsional yang memungkinkan Anda mengidentifikasi situs terverifikasi Anda sebagai satu-satunya situs yang diizinkan untuk menggunakan kode iklan Google Anda.

Apa yang terjadi pada Situs yang belum Diverifikasi?

Jika URL blog, situs atau website belum didaftarkan pada otorisasi situs sedangkan blog tersebut sudah dipasangkan kode unit iklan, maka penghasilan atau pendapatan google adsense tidak akan dicatat dan tidak akan diterima.

Memang, tampilan iklan akan muncul, namun kita tidak akan menerima sama sekali penghasilan apapun untuk situs tersebut. Maka dari itu, bagi sebuah web blog yang sudah dipasangi unit iklan adsense, pastikan bahwa web blog tersebut didaftarkan pada bagian otorisasi situs.

If you don't add a site to your list of verified sites, and you place your ad code on it, ads will continue to appear on the site but you won't earn from them. Therefore, please enable this feature with caution to avoid missing out on valid revenue.

Jadi, sangat jelas bahwa ada keterkaitan antara fitur otorisasi situs dengan iklan yang dipasangkan di web blog tersebut. Kesimpulannya adalah percuma blog dipasangkan iklan sedangkan web blog belum didaftarkan di otorisasi situs karena penghasilan tidak akan dihitung. Maka, kita wajib mendaftarkannya jika web blog sudah dipasangkan kode unit iklan.

Tidak ada kerugian mengaktifkan fitur otorisasi situs ini, melainkan sangat menguntungkan, yakni mencegah penggunaan kode unit iklan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Jika kode unit iklan kita di curi oleh orang lain dan iklan tersebut dipasangkan di situs-situs berbahaya, maka tidak akan berpengaruh buruk sama sekali. Hal ini dikarenakan adanya fitur otorisasi situs.

Iklan tersebut akan dianggap SAH oleh google apabila kode unit iklan dipasangkan di web blog yang sudah terdaftar di otorisasi situs pada akun google adsense milik kita. Jika tidak terdaftar, maka tidak akan dianggap sah. Jadi sangat aman.

Hubungan dengan Google Non-Hosted (Joint Venture)


Mungkin ada yang belum tahu apa itu Joint Venture google adsense, sila dibaca Pengertian JV Adsense. Intinya, JV adsense adalah suatu proses menghasilkan uang melalui adsense tapi dengan cara "meminjam" unit iklan si pemilik akun google adsense non-hosted tersebut.

Katakanlah kita ada blogger yang "meminjam" unit iklan tersebut. Jika blog kita terdaftar di akun adsense di bagian otorisasi pada akun adsense milik orang tersebut, maka penghasilan kita akan tercatat.

Namun, apabila kita telah memasangkan iklan namun web blog kita belum terdaftar atau didaftarkan, maka penghasilan kita tidak akan tercatat atau dihitung sama sekali.

Cara Klaim (Claim) Blog pada Situs AdSense


Ada pun fungsi dan tujuan dari meng-klaim (claim) web blog kita pada situs adsense adalah agar klik (click) dan pendapatan kita diakui oleh Google sebagai pemilik program periklanan google adsense.

  1. Masuk ke akun AdSense
  2. Pada panel navigasi sebelah kiri, klik Setelan
  3. Pilih Situs Saya > Kelola Situs > klik Lainnya
  4. Pilih menu Otorisasi Situs
  5. Aktifkan fitur "Hanya otorisasi situs terverifikasi saya untuk menggunakan kode iklan saya"
  6. Simpan perubahan, selesai (Proses selama 48 jam, bisa cepat atau lambat).

Katakanlah trafik blog kita bersumber langsung dari berbagai negara, seperti singapura dan malaysia, atau yang paling di idam-idamkan oleh blogger adalah Amerika Serikat (USA), Kanada dan Arab.

Seperti yang kita tahu - kita bisa mengecek di Google Analytics, tiap-tiap pengunjung blog itu berasal dari negara berbeda, dipastikan domain blogspot pun juga berbeda-beda, seperti Indonesia (blogspot.co.id), USA (blogspot.com) atau Malaysia (blogspot.co.my).

Apakah tiap-tiap perbedaan domain blogspot yang berasal dari pengunjung blog tersebut harus didaftarkan semuanya di otorisasi situs? Berdasarkan pengalaman blogging saya, jawabannya adalah WAJIB.

Hal ini dikarenakan tiap-tiap pengunjung itu memberikan perbedaan penghasilan, berdasarkan domain blogspot negara tersebut. Jadi, sangat disarankan untuk didaftarkan di otorisasi situs pada tiap-tiap domain blogspot negara berbeda tersebut. Tujuannya ya agar penghasilan kita diakui.

Bagaimana kalau Melakukan Redirect Otomatis ke .com?

Wah, saya tidak tahu pasti. Misalnya pengunjung dari negara Malaysia, maka blogspot.co.id akan berubah menjadi blogspot.co.my.

Kalau kita menggunakan redirect otomatis ke .com, saya tidak tahu pasti penghasilan juga akan tercatat atau tidak, toh saya belum melakukannya.

Kalau Anda pernah melakukannya dan penghasilannya tercatat atau tidak sama sekali, bisa dong berbagi informasi di kolom komentar yang ada di bawah ini :)

Jadi, itulah pengertian apa itu otorisasi situs, cara mendaftarkan web blog atau situs ke otorisasi situs yang benar serta apa hubungannya otorisasi situs dengan unit iklan program google adsense. Semoga berguna, wassalam.*

» Terima kasih sudah mau membaca konten Apa itu Otorisasi Situs? Cara Otorisasi Situs Blog yang Benar. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "Apa itu Otorisasi Situs? Cara Otorisasi Situs Blog yang Benar"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.