7 Cara Menjadi Blogger Terkenal - Mengungkap Rahasia

Kebanyakan blogger, kalau ditanyakan apakah ingin menjadi blogger terkenal, tentu jawabannya iya. Pertanyaannya, bagaimana cara menjadi blogger terkenal se-Indonesia? Apa rahasia menjadi blogger terkenal? Bagaimana mungkin blog kita menjadi rujukan dan rekomendasi bagi banyak orang?


Ngeri dong, ngeri banget malah.

Sesuai dengan judul, saya akan mencoba membahas secara detail mungkin gimana caranya agar kita bisa menjadi blogger terkenal. Tentunya, itu semua tidak mudah, tidak cepat dan tidak instan. Butuh proses berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun lamanya.

7 Cara Menjadi Blogger Terkenal - Mengungkap Rahasia
Salah satu blogger terkenal
di dunia, penulis di situs Moz.com

Ya, waktu! Ngeblog bukan sekedar membuat atau menulis artikel terus langsung dipublikasikan dan berharap sebulan kemudian langsung terkenal. Bisa saja sih dalam sehari kita bisa menjadi blogger terkenal, tentunya dengan cara yang "kotor" dan tidak sehat, seperti artikel Sukirman Fajar M ini.

Kalau mau lebih instan lagi, silahkan buat konten atau artikel yang mengundang viral. Nggak ada salahnya selama apa yang kalian perbuat itu bisa dipertanggungjawabkan. Ya dengan kata lainya adalah buat sensasi dan heboh seluruh Indonesia.

Jadi, saya gak menyarankan kalian harus melakukan demikian. Cukup dengan cara yang halal saja ya, dan yang paling penting terus berusaha karena semua ini membutuhkan waktu yang sangat lama.

7 Cara Menjadi Blogger Terkenal - Mengungkap Rahasia


#1. Mengerti dan Memahami Seluk-Beluk Blogger & WordPress

Poin pertama ini untuk formalitas saja. Bagi yang sudah memahaminya, silahkan lanjut ke poin ke - 2 ya.

Kalau Anda baru saja memasuki dunia blogging, satu hal yang harus Anda ketahui, persaingan antar blogger Indonesia itu sangat ketat. Kita tidak akan diberi celah sedikit pun untuk menggeser posisi blog mereka di hasil pencarian mesin pencari Google, Bing, Yahoo!, etc nantinya.

Jadi, disini kita harus mengerti dan memahami bagaimana membuat blog di blogger dan wordpress, bagaimana mengoptimalkan blog tersebut, bagaimana cara menulis konten yang berkualitas dan bernilai tinggi, memahami kode-kode yang ada di template blogger, paham dasar-dasar SEO sampai tingkat selanjutnya, plugin-plugin SEO, tools SEO, dan tentunya masih banyak lagi.

Lebih dari itu, ini cuma kewaspadaan saja. Kalau ada apa-apa dengan blog kita nantinya, seperti tampilan situs yang error, kita bisa memperbaikinya sendiri. Gak panik sendiri pastinya :)

Kalau sudah panik dan gak bisa memperbaiki masalah di situs sendiri, apabila sewaktu-waktu mengalami masalah, tentu jalan menuju ke "blogger terkenal" sedikit terhambat. Ya, gak?

#2. Menjadi Blogger yang Aktif Ngeblog

Ini mutlak dan wajib, mau tidak mau kita harus banyak menyisihkan waktu berharga kita untuk ngeblog. Disini kita dipaksakan untuk konsisten dalam berbagai hal terkait aktivitas blogging, diantaranya adalah:

  1. Main-main ke Forum yang sesuai dengan blog dan aktif di dalamnya - Bertanya dan Menjawab, untuk menjawab tentunya kita harus paham betul seluruh materi dari topik forum tersebut
  2. Menulis artikel secara konsisten karena ngeblog itu sebenarnya proyek jangka panjang
  3. Blogwalking, artinya berkunjung dan berkomentar di blog orang lain (jangan melakukan spam kalau Anda ingin dikenal sebagai blogger terkenal yang baik dan sopan)
  4. Memahami perkembangan dan mempelajari teknik Search Engine Optimization (SEO) karena SEO itu tidak menentu karena terus berkembang, dan SEO ini pula yang menentukan penentu tinggi (kuat) dan rendahnya (lemahnya) peringkat blog kita di SERP (Search Engine Result Page), semakin bagus peringkat blog semakin mudah pula menjadi blogger terkenal
  5. Mengejar trafik organik - Pengertian & cara mendapatkan visitor organik
  6. Memahami pengertian SEM - Apa itu SEM?
  7. Promosikan blog dengan cara yang aman seperti beriklan di blog orang lain, dimana topiknya pun harus sesuai biar tidak melenceng dan menarik perhatian visitor blog tersebut
  8. Ramah; artinya mau menjawab dan menerima segala opini, kritikan, masukan dan komentar-komentar jenis lainnya dengan lapang dada, dan di balas dengan cara berkomentar yang baik, sopan dan ramah, beritahukan apa yang ditanyakan; intinya mau berkomunikasi dengan para pengunjung blog yang meninggalkan komentar pada web blog atau pun website kita; dan...
  9. Membuat target untuk jangka panjang ke depan, dan jika sewaktu-waktu target tersebut sudah tercapai, jangan pernah merasa puas, tapi harus dipaksakan lagi.

#3. Topik Blog: Harus sesuai dengan Passion & Niche Blog!

Tema atau topik blog itu harus sesuai dengan passion kita, artinya harus sesuai dengan minat, keinginan dan hobi kita. Tentu lebih mengasyikkan kan? Dan yang pasti, kita tidak akan kehabisan ide untuk membahas apa pun yang menyangkut topik yang kita minati ini.

Baca juga: 18 Macam topik blog Indonesia.

Usahakan untuk tidak membuat topik blog bertema gado-gado, alias campur aduk. Memang, ide konten-nya lebih luas, tapi itu tidak maksimal. Pastikan topik blog kita itu SATU TOPIK, istilahnya adalah Niche Blog.

Dengan membahas satu topik, kita akan lebih leluasa membahasnya secara detail dan lebih lengkap. Disinilah peran Pageviews Blog itu berjalan!

Pengunjung akan banyak membaca artikel per artikel dalam sekali kunjungan karena semua artikel yang dibacanya saling berkaitan satu dengan lainnya, misalnya topik tentang Bisnis Online. Semakin tinggi pageviews blog, semakin naik peringkat blog kita, semakin mudah pula kita menjadi blogger terkenal!

Lebih dari itu, dengan menggunakan Niche blog, kita sebagai penulis pun, secara tidak langsung telah berusaha menjadi seorang blogger terkenal.

"Wah, blog **** milik si A itu khusus bahas bisnis online dan marketing, bagus banget tulisannya, rekomendasi banget bagi lu yang mau tahu informasi dan trik bisnisnya, akses gih!"

Sebagai contoh, kita merujuk ke website Iwanbanaran yang fokus pada dunia otomotif - yang katanya pengunjung situsnya mencapai 70.000an - 100.000 lebih per harinya. Sedangkan pelanggannya (subscribe) sudah mencapai ribuan orang.

#4. Menjadi Blogger yang Kreatif

Menjadi blogger kreatif itu tidak mudah, kita harus membuat diri kita menjadi orang yang unik - sebenarnya gak perlu juga, toh yang penting pengunjung blog merasa puas dengan artikel yang kita bikin untuk mereka.

Disini kita juga bisa bekerja sama dengan orang lain atau membuka usaha bisnis online di blog kita. Misalnya, sebuah blog membahas SEO, kebanyakan diantara blogger yang menggunakan topik SEO seringkali menyediakan template blogger berbayar dan gratis, disinilah blog kita menjadi bahan rujukan dan rekomendasi bagi banyak orang.

Kalau topik blognya tentang Kopi? Wah, pas banget. Kopi lagi booming-nya untuk saat ini. Kita juga bisa menjadi agen atau reseller jualan kopi di blog kita sendiri. Yang pasti, banyak cara lainnya kok, seperti menjual mug (gelas) yang unik untuk pecinta Kopi dan lainnya.

Ini salah satu trik gimana caranya membuat blog kita menjadi bahan rujukan dan rekomendasi bagi banyak orang. Dan, tentunya harus dibarengi dengan pembahasan-pembahasan dukungan lainnya, seperti bagaimana cara memasarkan Kopi tersebut, cara desain warung kopi, dan segalanya tentang Kopi.

Pasti, kita jadi bahan omongan banyak masyarakat Indonesia. Keren banget, sumpah... Seperti SEO killer ini, sudah terkenal di Aceh lohhh.. Hehehe :)

#5. Membuat Fanspage Situs Kita

Penting gak penting sebenarnya, kalau mau buat silahkan, tidak juga tidak apa-apa. Menurut saya pribadi, seharusnya perlu ya. Lagi pula, artikel-artikel yang baru kita publikasikan, bisa kita bagikan di fanspage milik kita tersebut.

Di dukung dengan followers fanspage yang banyak tersebut, tentunya membuat blog kita menjadi terkenal, dan sudah pasti kita sebagai penulisnya pun juga ikutan terkenal.

#6. Domain Web Blog atau Website

Domain itu ada 2 jenis, domain gratis (blogspot.com dan wordpress.com) dan domain berbayar (.com, .net, .net, .id dan lainnya). Untuk memudahkan para pengunjung agar lebih mengenal, gak ada salahnya menyewa domain yang berbayar.

Biayanya berbeda-beda loh, untuk domain dot.id (.id) itu mahal banget, harga sewa pertahunnya mencapai 500 ribuan per tahun. Untuk dot.com (.com), relatif lebih murah dan paling banyak digunakan saat ini, harganya berkisaran sekitar 150 ribuan saja per tahun.

Sebenarnya, poin ke 6 ini sebagai ekstra saja, barangkali perlu. Toh, ada kok blognya yang masih gratisan tapi sudah terkenal se-Indonesia, dan bahkan blog tersebut menjadi salah satu blog terbaik di Indonesia.

Domain berbayar ini cuma meningkatkan kredibilitas artikel yang kita tulis nantinya. Dan jangan lupa, buatlah nama domain blog itu dengan nama kita sendiri. Keren, kan?

#7. Promosikan Blog

Nah, ini juga bisa kita anggap ekstra, yakni mempromosikan blog kita di situs-situs besar.

Biasanya, di situs tersebut disediakan halaman kontak, "beriklan" atau "promosi" yang disediakan bagi kita-kita yang ingin menghubungi mereka dan ingin mempromosikan blog kita di situs mereka.

Tentunya tidak murah, yaa... Tiap-tiap slot yang disediakan itu berbeda-beda harganya. Biasanya, slot iklan untuk di dalam artikel itu adalah yang paling mahal, bisa mencapai 500-an ribuan. Kalau slot iklan di sidebar (samping tampilan situs), paling tidak sekitar 250 ribu - 300 ribu.

Nah, itulah 7 cara menjadi blogger terkenal se-Indonesia. Kalau kamu punya pemikiran lain atau mau menambahkannya sendiri, silahkan tinggalin jejak yaaa.. Semoga berguna, wassalam.*

» Terima kasih sudah mau membaca konten 7 Cara Menjadi Blogger Terkenal - Mengungkap Rahasia. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "7 Cara Menjadi Blogger Terkenal - Mengungkap Rahasia"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.