Pengertian Unique Visitor, Pageviews, Avg Time dan Bounce Rate pada Blog

BAGI blogger yang telah mendaftarkan blognya ke google analytics, sudah pasti akan dihadapkan dengan berbagai istilah penting seperti pageviews, unique visitor, avg time dan bounce rate pada blog.

Pengertian Unique Visitor, Pageviews, Avg Time dan Bounce Rate pada Blog

Sebenarnya banyak yang masih belum paham terkait pengertian-pengertian diatas. Bahkan, blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging pun seringkali salah mengartikannya.

Untuk mendokumentasikan pengetahuan dan pengalaman saya, berikut penjelasan lengkap tentang pengertian pageviews, istilah unique visitor, average time dan definisi dari bounce rate blog serta pengaruhnya pada situs.

Pengertian Unique Visitor, Pageviews, Avg Time dan Bounce Rate pada Blog


#1. UNIQUE VISITOR

Pengertian visitor adalah pengunjung blog dalam satu waktu. Akan tetapi, apabila digabungkan dengan kata "unique", yakni Unique Visitor, maka artinya adalah pengunjung blog yang berasal dari search engine.

Bisa dikatakan, unique visitor adalah trafik organik. Untuk lebih lengkap, sila baca: Pengertian trafik organik.

Pada faktanya, trafik organik inilah yang menjadi salah satu faktor perankingan sebuah website di mesin pencari baik itu Google, Bing, Yahoo maupun Yandex.

#2. PAGEVIEWS

Apa itu pageviews di blog? Pengertian pageviews secara sederhana adalah jumlah atau total halaman yang dilihat oleh pengunjung blog.

Contohnya adalah blog kita dikunjungi oleh pengunjung A dan A membaca satu artikel di blog kita, maka jumlah pageview adalah 1. Jika pengunjung A memilah-milah dan membaca 5 artikel, maka total pageview adalah 5, namun visitor masih dihitung masih 1.

#3. AVG. TIME ON SITE

Istilah dari Avg Time, Avg Site atau Avg. Time on Site adalah rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pembaca ketika membaca-baca artikel di blog kita, dengan kata lain seberapa lama pengunjung berada di website kita.

Banyak yang mengatakan bahwa Avg site ini pun yang menjadi salah satu faktor ranking website di search engine. Intinya, semakin lama para pembaca berada di situs kita, maka search engine akan menilai bahwa artikel yang kita miliki merupakan artikel yang luar biasa berkualitas dan berbobot tinggi.

#4. BOUNCE RATE BLOG

Bounce rate blog adalah salah satu perhitungan yang dilakukan oleh mesin pencari terhadap nilai dan rata-rata persentase antara tingkat kunjungan ke situs dan Pageviews. Artinya jumlah pengunjung akan dibagi dengan kunjungan tiap halamannya.

Sebagai contoh:

  • Jumlah visitor sebanyak 500
  • Pageview sebanyak 3.000
  • Maka, 500 x 100% : 3000 = 16.66667% (atau bisa juga 16.6%)

Nah, yang menjadi pertanyaan kita adalah persentase bounce blog bagus tinggi atau rendah? Jawabannya tentu saja rendah.

Bounce rate di blog ini bisa dikatakan sebagai gambaran dan informasi dari sebuah website, semakin kecil nilai persentase yang dimiliki, itu menandakan bahwa artikelnya memang berkualitas, para pengunjung tidak segan-segan membuka artikel-artikel lainnya dalam sekali kunjungan.

KESIMPULAN

Dari ke-4 poin diatas, semuanya saling berkaitan erat. Untuk memenangkan hasil pencarian Search Engine Result Page (SERP), kita harus memadukan ke-4 faktor diatas tadi. Buktinya, blog ini mendapatkan rasio pentalan hanya sebesar 4,45% saja. Sangat kecil dan bagus banget.

Pengertian Unique Visitor, Pageviews, Avg Time dan Bounce Rate pada Blog

Good luck & happy blogging!

0 Response to "Pengertian Unique Visitor, Pageviews, Avg Time dan Bounce Rate pada Blog"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).