Pengertian SEM (Search Engine Marketing) Mesin Pencari

Pengertian SEM (Search Engine Marketing) Mesin Pencari
Pengertian, arti dan makna kata SEM dari pada SEO, SMM dan SMO.

Salah satu fakta Search Engine (SE) adalah untuk menempati PageOne kita harus menggunakan teknik SEO. Setidaknya ada 200 faktor SEO yang menentukan ranking web blog, situs atau website kita.

Solusi terbaik agar kita lebih mudah dan cepat untuk menempati PageOne sesegara mungkin adalah memanfaatkan teknik SEM, yakni cara paling mudah memasarkan atau mempromosikan penjualan produk, entah itu barang maupun jasa.

Pengertian SEM (Search Engine Marketing) Mesin Pencari


SEM adalah salah satu teknik dari Search Engine Optimization (SEO), yakni lebih mengarah ke SEO Offpage karena mengandalkan pemasaran atau promosi suatu web blog atau situs.

Untuk menggunakan SEM, kita bisa mengandalkan Google Adwords, Facebook Ads, Baidu, Ask, Bing, Yandex, Yahoo Search Marketing dan lainnya.

Baca Juga: Pengertian SEO: Onpage dan Offpage.

Contoh kasusnya seperti ini:

Kita menyewa slot di Google Adwords, setelah disetujui (alamat web, kata kunci, dll) maka kita wajib membayar uang muka, maka perhitungan klik akan disesuaikan seberapa banyak uang yang kita bayar sebelumnya.

  1. Modal awal, kita membayar ke Google Adwords Rp 10.000
  2. Harga per klik atau per kunjungan adalah Rp 1.000
  3. Jika situs sudah di klik sebanyak 10 kali, maka 10 x Rp 1.000 = Rp 10.000
  4. Apabila modal awal telah habis, otomatis SEM dihentikan

SEM sebenarnya melibatkan banyak hal, yakni analisa suatu keyword dan pencocokkannya, harga pembayaran iklan yang di klik, pengaruh atau efek terhadap trafik organik situs kita, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pengertian Mobile Friendly & Responsive.

Sistem Kerja SEM (Search Engine Marketing)

Sistem kerjanya terdiri dari 2 cara, yakni Pay Per Click (PPC) seperti yang saya katakan diatas; dan Pay Per Impression (PPI) yakni perhitungan seberapa banyak penayangan iklan ditampilkan.

Fungsi & Tujuan SEM untuk Blog atau Situs

Fungsi maupun tujuannya adalah tentu saja mengalahkan teknik SEO sebuah situs yang sebelumnya sudah menempati urutan pertama di PageOne.

Baca Juga: Pengertian SMM (Social Media Marketing).

Kita akan mendapatkan tempat (slot) istimewa di hasil SERPs nantinya. Gambarannya mungkin pernah Anda lihat, jika belum mungkin gambar dibawah ini bisa menjawabnya:

Pengertian SEM (Search Engine Marketing) Mesin Pencari


Penyesuaian tampilan situs kita yang telah mengikuti program SEM seperti di Google Adwords ditentukan oleh berbagai hal, salah satunya kata kunci (keyword) yang diketik. Semoga berguna.*

» Terima kasih sudah mau membaca konten Pengertian SEM (Search Engine Marketing) Mesin Pencari. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "Pengertian SEM (Search Engine Marketing) Mesin Pencari"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.