Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website

Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website
Pengertian apa itu Domain Authority dan Page Authority pada Website? Istilah lainnya adalah disebut dengan PA dan DA blog.

Pada awalnya, PR dijadikan acuan Google apakah web blog, situs atau website dianggap berkualitas atau tidak. Kini search engine Google tidak memanfaatkan PageRank (PR) lagi, tidak digunakan lagi atau sudah mati.

Baca Juga: PageRank sudah Mati, Digantikan PA dan DA serta Backlink.

Google PageRank memberikan skor tertinggi untuk blog berkualitas dengan nilai 10, sedangkan untuk blog yang tidak berkualitas biasanya 0 atau pun setidaknya 1 (satu). Sebenarnya tidak mudah untuk mendapatkan nilai 10. Jangankan 10, skor 5 saja sudah sangat susah dan kesulitan. Sebab, Google-lah yang menentukannya sendiri.

Adanya persentase atau skor Domain Authority dan Page Authority pada web blog, situs atau website berfungsi sebagai gambaran apakah blog tsb berkualitas atau tidak. Semakin tinggi nilai PA dan DA sebuah blog, maka semakin baik!

Baca Juga: Meta Keyword sudah Tidak Digunakan Google Lagi.

Salah satu hal yang paling mencolok, perbedaan antara PA dan DA dengan Google PageRank adalah PA dan DA di update setiap bulannya, bisa lebih lambat atau pun cepat dan kita pun lebih mudah untuk memantau perkembangan blog kita, sedangkan Google PageRank tidak diketahui pasti kapan jadwal di update.

Perbedaan lainnya adalah Google PageRank menggunakan skor dari 1 - 10 sebagai perhitungan, sedangkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) menggunakan skor 1 - 100, skor 100 untuk nilai yang paling tinggi.

Baca Juga: Keuntungan PA dan DA Blog Tinggi.

Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website


#1. Pengertian Domain Authority, DA

Otoritas Domain atau Domain Authority adalah penilaian atau acuan untuk melihat seberapa kuat sebuah nama domain blog tersebut di search engine Google, Bing, Yahoo maupun Yandex.

Baca Juga: Pentingkah Skor SEO 100% bagi Situs Kita?

Setidaknya ada 3 faktor yang menjadi penyebab tinggi dan rendahnya nilai atau skor DA, yakni umur suatu domain, popularitas domain tersebut, dan ukuran kualitas sebuah domain.

  1. Domain: Domain yang lama digunakan dan tidak digantikan dengan domain baru lainnya, akan diperhitungkan, dan ini juga salah satu faktor atau penyebab naik dan turunnya nilai skor Domain Authority suatu blog
  2. Popularitas: Salah satu penyebab sebuah domain menjadi popularitas atau dikenal banyak orang dikarenakan Inbound Link, atau link yang masuk dan mengarah ke blog kita dari berbagai sumber. Bisa juga didapatkan dari Backlink; dan
  3. Ukuran: Pemahaman ukuran disini adalah semakin banyak artikel, konten atau posting blog, maka semakin bagus dari sisi SEO Friendly dan Inbound Link.

Cara Meningkatkan Skor/Nilai Domain Authority, DA

  1. Upayakanlah sebelum membeli nama domain blog, pilih secara tepat. Jangan sampai menyesal dan pada akhirnya menggantikannya dengan domain yang baru. Pastikan bahwa kita terus memperpanjang sewa domain tsb sampai skor DA benar-benar tinggi
  2. Popularitas & Ukuran? Selain memperbanyak konten blog, kita juga harus menyiapkan strategi SEO artikel yang bagaimana dan kapan waktunya. Ini mutlak strategi dan tidak semua orang mau membagikan rahasianya!

Baca Juga: Alasan Kenapa Loading Blog Cepat itu Penting.

#2. Pengertian Page Authority, PA

Otoritas Halaman atau Page Authority adalah penilaian suatu halaman web blog di SERPs. Semakin mudah dan banyak konten blog dihasilkan dari trafik organik mesin pencari, maka akan semakin tinggi nilai PA tersebut.

Satu hal yang harus Anda pahami adalah nilai PA jauh lebih penting ketimbang nilai DA, sebab PA sudah pasti membawa pengunjung tersebut ke situs, sedangkan PA belum tentu membawa "berkah" bagi DA.

Sederhananya seperti ini, DA adalah domain sedangkan PA adalah artikel. Domain belum tentu membawa pengunjung ke artikel, akan tetapi artikel sudah pasti membawa ke domain (blog).

Jika lebih detail lagi, Domain bukan berarti pengunjung akan membaca artikel kita, akan tetapi artikel sudah pasti membawa kita berjalan-jalan ke artikel lainnya (Pageviews) berkat dukungan widget Related Posts dan widgets lainnya. Ya begitulah sekiranya gambaran yang dimaksud, insya Allah saya harap Anda mengerti sampai disini.

Baca Juga: Dampak dan Efek Outbound Link bagi SEO Web Blog.

Cara Meningkatkan Skor/Nilai Page Authority, PA

  1. Content still is King! Konten yang berkualitas yang kaya akan informasinya sudah pasti SEO, sedangkan artikel SEO saja belum tentu berkualitas. Fix, artikel SEO itu banyak keyword tapi belum tentu berkualitas, bukan?
  2. SEO Onpage dan Offpage yang kuat juga penting untuk membawa artikel-artikel blog kita menuju Pageone dan jika memungkinkan buatlah artikel pilar blog! Backlink pun juga turut berperan penting disini; dan
  3. Bounce Rate blog yang kecil juga menjadi perhitungan PA tsb. Semakin kecil persentase Bounce Rate, maka kemungkinan nilai atau skor pun juga ikut meningkat. Manfaatkan widget-widget berdasarkan label kategori, internal link di dalam artikel, related posts, dan navigasi menu yang jelas, bro!

Bagaimana Cara Mengecek Nilai Skor PA dan DA Web Blog?

Sangat mudah, lagi pula toolsnya juga sangat banyak. Namun, diantara semua itu yang paling bagus dan terbaik adalah Moz Research Tools OSE dan Moz SEO Toolbar.

Jika kesulitan, manfaatkan saja beberapa link dibawah ini, diantaranya adalah:

http://smallseotools.com/domain-authority-checker
http://smallseotools.com/page-authority-checker
http://websiteseochecker.com/domain-authority-checker

Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website

Gambar diatas adalah informasi terkait tentang blog ini, dimana Anda bisa melihat nilai Domain Authority-nya adalah 91 dan nilai Page Authority adalah 30 per 2015. Lumayan bagus ternyata. Bagaimana dengan website Anda?

0 Response to "Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).