Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional

Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional
Pengertian apa itu SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu aktivitas yang dilakukan terhadap web blog, situs atau pun website dengan tujuan untuk meningkatkan ranking blog di halaman mesin pencari, termasuk Google, Bing, Yahoo! dan Yandex.

Berdasarkan Ensiklopedia Bebas, Wikipedia, menjelaskan bahwa definisi SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan memanfaatkan mekanisme kerja dari algoritma suatu mesin pencari yang bertujuan untuk meningkatkan volume blog.

Jika dipahami lebih mendalam, maksudnya adalah berusaha menempatkan suatu web blog, situs atau website untuk berada di posisi halaman pertama dengan kata kunci (keyword) tertentu.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Tinggi & Rendahnya Trafik Organik.

Misalnya, Anda mengetik "Pengertian SEO menurut para ahli", kemungkinan terbesar adalah artikel ini berada di halaman pertama Google, dan bisa jadi menempati posisi pertama (teratas). Nah, inilah tujuan teknik SEO tersebut, yakni mengoptimalkan blog agar bisa dan mudah mengalahkan banyak pesaing (blog lainnya).

Nah, dari kedua pengertian tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa tujuan menerapkan teknik SEO ini tidak lain adalah agar ranking blog semakin baik dan tidak mudah kalah apabila bertengger di halaman pertama (Page One), apalagi urutan pertama #1.

Baca Juga: Pengertian AGC, Auto Generated Content Blog.

Satu hal yang perlu teman-teman blogger lainnya adalah setiap orang memiliki pendapat dan opini yang berbeda apabila ditanyakan terkait pengertian SEO itu sendiri. Namun, apapun definisinya, arti dan tujuannya tetap sama, kok.

Sesuai dengan topik kali ini, bagaimana pandangan seorang pakar dan ahli master SEO internasional mendefinisikan SEO tersebut?

Baca Juga: Pengertian & Cara Mendapatkan Backlink.

Bersumber langsung dari Shoemoney, berikut ini adalah definisi SEO menurut para pakar, ahli dan master SEO Internasional.

Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional


#1. Danny Sullivan

Godfather of SEO (SearchEngineLand), Danny Sullivan menjelaskan bahwa SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.

#2. Neil Patel

Menurut Neil Patel, pengertian SEO adalah sebuah seni untuk memahami mesin pencari (search engine) dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah situs/website memiliki peringkat lebih tinggi pada search engine.

#3. Dax Herrera

Herrera mempunyai pendapat dan opini yang terbilang khusus, yakni misi Google adalah mengorganisir seluruh informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah di akses dan bermanfaat.

Sedangkan misi SEO adalah mengorganisir informasi dari klien untuk membuatnya dapat di akses oleh robot dan menghasilkan uang.

Baca Juga: Fakta, Kekuatan Backlink Google Plus bagi Web Blog, Situs maupun Website.

#4. Rand Fishkin

Co-Founder Moz Blog, Rand Fishkin menerangkan bahwa SEO adalah kombinasi dari teknik, taktik, dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, seperti:

  • Kemudahan penggunaan (friendly)
  • Fokus pada konten (artikel)
  • Penargetan audiens, pengembangan situs, dan desain
  • Penelitian tentang kata kunci (keyword), link building;
  • dan segala macam elemen online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.

#5. Quadszilla

Aktifitis SEO Black Hat dunia, Quadszilla dimana profil dan biografinya belum diketahui (Anonymous), menerangkan bahwa SEO adalah ketika seseorang mencoba untuk melakukan kecurangan;

Dan mengambil jalan pintas sehingga situs/website mereka akan tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian (menurut ranking) daripada yang sepantasnya mereka terima.

Baca Juga: Pengertian Webmaster & Tugas Seorang Webmaster.

Kesimpulan Definisi SEO

Seperti yang saya katakan, setiap orang memiliki pendapat dan opini yang berbeda-beda. Jika dirincikan lebih lanjut, SEO itu pun terbagi lagi menjadi 5 bagian, yakni:

  • SEO onpage
  • SEO off page
  • White Hat SEO
  • Black Hat SEO;
  • dan Grey Hat SEO.

Tiap-tiap poin tersebut memiliki arti dan maknanya tersendiri. Sangat luas.

Menurut Matt Cutts, Head of Webmaster Google Spam, bahwa pengertian SEO yang dianut oleh Quadszilla adalah salah.

Pengertian SEO menurut Google, yakni di dalam dokumen resmi yang telah dipublikasikan oleh Google, "Google, Search Engine Optimization Starter Guide", isinya sebagai berikut:

SEO adalah seringkali tentang melakukan sedikit modifikasi ke bagian dari situs web anda. Ketika kita melihat secara individual perubahan-perubahan ini mungkin tampak seperti perbaikan incremental, tetapi ketika dikombinasikan dengan optimasi lain, SEO akan memiliki dampak yang nyata pada pengalaman pengguna atau situs dan mendongkrak kinerja situs anda di organic search (Started Guide Pdf).

0 Response to "Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.