Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional

Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional
Pengertian apa itu SEO adalah optimasi web blog, situs atau website dengan tujuan meningkatkan ranking blog di SERPs (Google, Bing, Yahoo! dan Yandex).

Sedangkan definisi SEO berdasarkan Wikipedia adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan memanfaatkan mekanisme kerja dari algoritma suatu mesin pencari yang bertujuan untuk meningkatkan volume blog.

Di dalam ilmu SEO ada berbagai metode atau teknik SEO yang bisa kita pilih dan digunakan, sangat banyak sekali. Sedikit banyaknya sudah dibahas di blog ini, dan saya persilahkan buat teman2 untuk membaca semua artikel yang berkaitan dengan teknik SEO.

Saya mengutipnya langsung dari Shoemoney, yakni definisi SEO berdasarkan penuturan para pakar, ahli dan master SEO internasional yang sudah diakui dunia.

Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional


#1. Danny Sullivan

SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.

- Danny Sullivan (searchengineland.com) - The Godfather of SEO

#2. Neil Patel

SEO adalah sebuah seni untuk memahami mesin pencari (search engine) dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah situs/website memiliki peringkat lebih tinggi pada search engine.

- Neil Patel (neilpatel.com)

#3. Dax Herrera

Herrera mempunyai pendapat dan opini yang terbilang khusus yakni visi Google adalah mengorganisir seluruh informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah di akses dan bermanfaat.

Sedangkan misi SEO adalah mengorganisir informasi dari klien untuk membuatnya dapat di akses oleh robot dan menghasilkan uang.

- Dax Herrera (Co-Founder - moz.com)

#4. Rand Fishkin

SEO adalah kombinasi dari teknik, taktik, dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi seperti:

  • Kemudahan penggunaan (friendly)
  • Fokus pada konten (artikel)
  • Penargetan audiens, pengembangan situs, dan desain
  • Penelitian tentang kata kunci (keyword), link building; dan
  • Segala macam elemen online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine

#5. Quadszilla

SEO adalah ketika seseorang mencoba untuk melakukan kecurangan dan mengambil jalan pintas sehingga situs/website mereka akan tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian (menurut ranking) daripada yang sepantasnya mereka terima.

- Quadszilla, aktivitis SEO black hat dunia

Menurut Matt Cutts - Head of Webmaster Google Spam mengatakan bahwa pengertian SEO yang dianut oleh Quadszilla adalah salah.

Google sendiri telah menerangkan di dalam dokumen resminya yang telah dipublikasikan ke khalayak ramai bahwa:

SEO adalah seringkali tentang melakukan sedikit modifikasi ke bagian dari situs web anda. Ketika kita melihat secara individual perubahan-perubahan ini mungkin tampak seperti perbaikan incremental, tetapi ketika dikombinasikan dengan optimasi lain, SEO akan memiliki dampak yang nyata pada pengalaman pengguna atau situs dan mendongkrak kinerja situs anda di organic search (Download disini: Started Guide Pdf).

- Google, Search Engine Optimization Starter Guide.

Nah gimana menurut saya? Setelah bertahun-tahun mendalami SEO, bagi saya SEO itu:

SEO adalah perpaduan teknik, taktik dan strategi SEO ON Page dan OFF Page tanpa batas dengan mengandalkan nalar, wawasan dan pengetahuan yang luas terkait SEO, imajinasi yang tiada batas serta taktik dan strategi SEO yang terorganisir dengan sangat baik.

» Terima kasih sudah mau membaca konten Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "Definisi SEO Menurut Pakar, Ahli dan Master SEO Internasional"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.